Rabu, 27 Januari 2016

Berapa lama 1 hari atau 1 tahun di Merkurius?




Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari, Merkurius membutuhkan 88 hari untuk memutari matahari (revolusi),
jika bumi membutuhkan 365 Hari , maka merkurius sekitar 1/4 dari bumi.

Karena rotasi merkurius terhadap porosnya sangat lambat akibat kecilnya medan magnet, sehingga 1 hari di Merkurius itu membutuhkan sekitar 58.5 hari Bumi untuk melakukan satu perputaran kembali ke titik yang sama. Sehingga bisa disimpulkan 1 hari di planet Merkurius mendekati dengan 1 tahunnya (atau tepatnya 2/3), atau 2 tahun Merkurius = 3 hari Merkurius.

Tetapi jika 1 hari itu adalah pagi-malam-pagi (atau matahari terbit sampai matahari terbit), maka hari pada Merkurius lebih lama 2x daripada Tahunnya (1 tahun pagi/siang , 1 tahun malam), membutuhkan 176 hari bumi. Ini menyebabkan satu sisi gelap dan dingin dan satu sisi lagi panas dan terang terus selama 88 hari. Hal ini disebabkan oleh perputaran rotasi yang sangat lambat, sehingga terkena dampak perputaran matahari.

Perputaran planet tidaklah bulat tetapi oval dan ada waktu dimana dekat dengan matahari ada juga waktu yang jauh dengan matahari, pada saat terdekatnya dengan matahari, Merkurius berjarak 45 milyar kilometer dan pada saat terjauhnya berjarak 70 milyar kilometer. Pada saat dekat dengan matahari (perihelion), pergerakan planet akan terpengaruh, pergerakan rotasi dan revolusi menjadi lebih cepat yang biasa di sebut masa perihelion, kemudian menjadi lebih lambat saat di jarak yang jauh yang biasa di sebut aphelion.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar