Senin, 16 Maret 2015

[Game] EA Fifa Card Guide

[Game] Fifa Ultimate Series (Card Guide)
Genre: 
Football - Sport

Platform: 
PS3, PS4, Xbox One, Xbox 360, Android, iOS, Windows Phone, Windows / PC, Nintendo 3DS, Nintendo Wii, PS Vita

Card Guide
Secara umum kartu terbagi menjadi 4 jenis;

  1. Kartu Pemain
  2. Kartu Consumable
  3. Kartu Staff
  4. Kartu Kit

1. Kartu Pemain (Player Card):

1.1.1 Regular Card - warna Gold, Silver, Bronze 











kartu paling umum, kartu pemain jenis ini terbagi menjadi 3, yaitu Gold, Silver, Bronze .
Pemain Gold biasa memiliki rating 75 keatas, Silver 65-74, dan Bronze dibawah 65.

1.1.2  Rare Regular Card - warna gold, silver, bronze

Setiap Gold, Silver, dan Bronze memiliki versi Rare masing2, jadi contohnya seorang pemain kalo nga Gold ya Rare Gold (salah satu only). Biasa dalam 1 pack itu isinya lebih banyak yang non-rare daripada rare. Seorang pemain Rare bahkan bisa memiliki rating yang lebih rendah daripada yang non-rare.

1.2 TOTW (Team of the Week) - warna Hitam + salah satu warna diatas
kiri-kanan: totw silver , totw gold, totw bronze

Lebih sering disebut IF (in-form) card. 17 pemain yang sedang bermain bagus di dunia nyata pada minggu tersebut, akan dipilih  oleh EA untuk menjadi Team of the Week dan dirilis ke pack, jadi selama 1 minggu , kamu tidak akan bisa mendapatkan kartu reguler pemain tersebut, tetapi versi TOTW , kartu ini memiliki warna hitam. Rating nya lebih tinggi dari kartu regular, umumnya 1 point lebih tinggi tetapi beberapa kasus lebih dari 1 point.
Kartu hitam ini terbagi menjadi 3 sesuai dengan regular card nya (Gold, Silver, Bronze).
Seorang pemain bisa saja mendapat kan IF card yang kedua kali bahkan ketiga kali, dimana IF ke dua memiliki rating yang lebih tinggi dari IF pertama, tetapi untuk mendapat IF kedua , pemain tersebut harus bermain lebih baik dibanding IF pertama, demikian IF ketiga. IF kedua biasa disebut SIF, dan IF ketiga disebut TIF. Total ada 52 totw sesuai jumlah minggu pada 1 tahun.

1.3 TOTY (Team of the Year) - warna Blue

merupakan kartu dengan rating tertinggi di FUT15. Pada bulan January setiap tahun, EA merilis 11 pemain terbaik di dunia pada tahun sebelumnya (jadi toty fut15 berisi 11 pemain terbaik tahun 2014). TOTY memiliki peningkatan rating yang sangat tinggi, sebagai contoh Ronaldo memiliki rating mentok 99.

1.4 Charity Card - warna Pink - Merah


Kartu yang dirilis dalam rangka acara amal atau sejenisnya, di FUT15 pada hari AIDS sedunia, EA merilis 1 pemain kartu warna pink-merah, pemain itu adalah Marquez.


1.5 Record Breaker - warna Red/Blue
Record Breaker Fifa 16
Record Breaker Fifa 15

biasa dikenal dengan nama RB (record breaker atau bisa juga red-blue). Hanya ada 1 kartu jenis ini, dan biasa untuk pemain yang memecahkan rekor. pada tahun 2014 ada Klose , tahun 2013 ada Messi, tahun 2015 kembali si Messi karena memecahkan 2 rekor sekaligus. Kartu ini merupakan kartu paling langka dan paling mahal biarpun ratingnya tidak setinggi toty. Tahun 2016, EA merilis beberapa Record Breaker card

1.6 MotM - warna Orange


fifa 17 nambah strip biru


kartu ini muncul untuk pemain yang bagus disaat pertandingan Cup/Tournament atau match selain League/Season. Sejak Fut15, seorang pemain bisa mendapat second MotM (smotm)

1.7 TOTS (Team of the Season) - warna Blue (+gold/silver/bronze)

di sekitar bulan Juni, EA merilis daftar pemain pemain terbaik di setiap League besar, masing-masing pemain tersebut akan mendapat kartu warna Biru - Gold/Silver/Bronze . Rilisnya tidak bersamaan, tetapi 1 League / minggu.

1.8 Legend card - warna Putih

Kartu ini hanya untuk versi Xbox, berisi legenda pemain2 seperti Pele, dll

1.9 Pro Player Card - warna Biru Teal

EA memilih beberapa pemain asli didunia nyata yang bermain Fifa di versi Console, dan kemudian memberikan mereka 1 kartu pemain Fifa diri mereka sendiri dengan rating sangat tinggi (biasanya rating 95-99) . Jika anda menemukan kartu jenis ini, berarti orang yang sedang bertanding dengan Anda itu adalah pemain bola asli.

1.10 ToTT - hijau atau ungu

Team of the Tournament. Tergantung pada tahun itu ada tournament apa, pada Fut 12 ada Euro Cup, pada Fut13 dan Fut15 ada Africa Cup, Fut14 ada World Cup. Asia cup tidak dianggap sebagai kompetisi yang bersaing sehingga tidak dimasuki EA. EA merilis 17 pemain terbaik pada tournament tersebut, Euro Cup biasa kartu berwarna Ungu seperti 1.11 dibawah , World Cup berwarna hijau seperti MotM WC tetapi rating lebih  tinggi, sedangkan Africa Cup berwarna hitam seperti kartu totw/if . Contoh diatas adalah ToTT Robben dengan rating 92, sedangkan WC MotM ratingnya 91.

1.11 Euro Cup Card - Ungu

Setiap final Euro Cup, dirilis kartu berwarna Ungu, seperti yang terjadi di Fut12 .

1.12 World Cup - warna Blue-Green

Pemain-pemain yang negaranya terpilih di World Cup final, memiliki versi ini, biasa tidak ada logo Club yang tertera di card.

1.13 iMotM / WC MotM - Hijau

Pemain yang pada salah satu match World Cup bermain bagus. Rating lbh rendah dari ToTT biarpun berwarna sama.

1.14 Upgrade Card
Setiap pemain yang bermain bagus dan seharusnya mendapat rating lebih tinggi, akan di upgrade oleh EA pada bulan Februari. Kartu ini mempunyai gambar yang sama dengan kartu regulernya dan kartu reguler yang lama tidak akan otomatis upgrade , jadi harus dapat ulang. Kartu upgrade memiliki rating dan stats berbeda yang sudah di upgrade. Kartu totw biasa juga akan ikut di upgrade sesuai dengan kartu upgrade ini, jadi jika kartu reguler rating 80, kartu totw 81, trus dirilis kartu upgrade 81, maka kartu totw tersebut otomatis akan berubah jadi rating 82.

1.15 Transfer Card
Di sekitar bulan Winter Transfer (januari), EA akan merilis pemain yang sudah pindah club, jadi kartu club lama tetap ada (tidak otomatis berubah), tetapi sudah tidak bisa didapat lagi dari pack. Tidak ada yang berbeda, cuma logo club, tetapi tentunya itu bisa mengubah kombinasi Chemistry, pilihan menjadi lebih banyak.

1.16 St. Patrick Card - warna Hijau

Pertama kali diperkenalkan pada Fut15, EA merilis kartu berwarna hijau yang semua pemainnya berasal dari negara Ireland (irlandia) ini selama 1 minggu pada bulan Maret. Juga dirilis tournament St Patrick yang kalo juara mendapat 1 kartu hijau. Rating pemain sama dengan yang reguler, cuma beda warna doank.

1.17 Concept Squad card - warna abu2 tua

Di Console , kita bisa membentuk squad tanpa harus membeli player tersebut, istilahnya meminjam database untuk membentuk formasi , tetapi tidak bisa menggunakannya (hanya untuk tes formasi squad), pemain yang tidak kita punya akan berwarna abu-abu tua ( warna abu-abu nya lebih tua dari silver card).

1.18 Ambassador Card for Fifa World - Warna Ungu tua

Kartu ini cuma ada di versi Fifa World (cuma dirilis untuk platform PC), jumlah total sampai sekarang hanya ada 3, Arda Turan di rilis bulan agustus 2014, Eden Hazard bulan september,  dan Arda Turan lagi di bulan januari 2015. setiap di rilis hanya muncul 24 jam di pack.

1.19 Hero Card - Warna Ungu (ungunya sedikit lebih muda dari yang atas)

Pertama kali dirilis pada FUT15, kartu jenis ini merupakan Player of the Year (satu pemain  terbaik di satu liga, pemain muda terbaik, pemain yang membawa teamnya promosi ataupun bertahan dari zona degradasi, dll)

1.20 The FUTTIES - warna Pink

Pada bulan Juni 2015, EA merilis Sturridge versi pink , karena Sturridge merupakan pemain yang mencetak gol terbanyak di Game Fifa 15, Sturridge Pink ini hanya muncul di console dan di "Loan" selama 5 games. Warna pink nya berbeda dengan versi Charity (versi pink ini warnanya lebih muda). Versi ini dikasih untuk pemain console PS3,PS4,Xbox One, Xbox 360, PC
edit: kemudian tgl 16 juli, EA merilis 12 pemain pilihan (Futties) untuk versi mobile + console

1.21 Halloween Most Feared Defender - warna Coklat

kartu jenis ini pertama kali dirilis di FUT 16 Mobile , berisi 6 pemain yang memiliki atribut STR diatas 90 (STR berbeda dengan PHY), untuk memperingati bulan Halloween yang jatuh pada bulan Oktober 2015. Kartu jenis ini tidak muncul pada FUT15 mobile dan FUT16 console.

1.22 International Superstars - Biru Teal
Tidak jelas maksud EA merilis kartu ini, warnanya pun Biru Teal yang seharusnya adalah kartu Pro Player card, mereka juga tidak benar benar bermain bagus di ajang kompetisi international pada saat itu, hanya terkenal. Kenaikan rating sekitar 1-2 poin.

1.23 El Clasico card - Hijau

kartu ini pertama kali muncul di Fut 16 dan Fut 15 New Season versi mobile, tidak ada penambahan rating, hanya beda warna . Semua pemain Barcelona dan Real Madrid yang bermain saat itu, mendapat versi ini. Warna Hijau nya sama dengan jenis kartu St. Patrick



1.24 Christmas Card - Merah
EA merilis ini pada bulan desember tahun 2015, pertandingan terpilih adalah inter milan vs lazio, 8 pemain akan mendapat kartu warna merah, dan setelah match, satu pemain terbaik akan mendapat boost +3 . Design kartunya adalah warna merah dengan bias highlight putih dan corak pattern salju putih/es

1.25 Lunar New Year Card - Merah



kartu-kartu ini dirilis saat sekita hari raya imlek, berwarna merah sedikit mirip christmas card diatas, tetapi warna merah total tanpa putih dan memiliki corak berbeda, rating nya selalu angka 88 karena di china angka 8 merupakan keberuntungan, pemain yang terpilih untuk kartu ini nampaknya random.

1.26 Valentine Card - Merah Tua/Maroon
hanya muncul di Fut16 mobile, dirilis untuk merayakan valentine 2016, pemainnya adalah yang dari Match Arsenal vs Leicester (match pada tanggal 14), khusus Vardy mendapat lompatan rating yang sangat jauh, dari rating 71 menjadi 85.

1.27 One To Watch card- Sky Blue / biru langit

lagi lagi kartu ga jelas, ada 4 pemain yang terpilih sebagi kartu OTW; Dybala, Cavani, Millner, Depay. Pemain yang tim nya menang di match akan mendapat rating OVR +5.

1.28 Knock Out Phase card - Maroon+Black
mirip valentine card, cuma ditambah warna hitam dibawahnya. total ada 25 kartu jenis ini.

1.29 Festival of FUTBALL aka. IMOTM Euro 2016/Copa America 2016
Berbeda dengan Euro 2012, kali ini EA mengambil tema design berbeda, dengan Merah Tua dan Biru Tua ke-unguan sebagai warna utamanya.

1.30 One To Watch Fifa 17 - hitam 

Biarpun memiliki penamaan yang sama dengan versi mobile, tetapi kali ini berbeda konsepnya. Design kartu serba hitam. Dan kartu ini muncul pada 30 september 2016 di Fifa 17 Console selama 1 minggu, ini adalah kartu special dimana stats dan rating kartu tidak permanen, tetapi berubah , jadi stats dan rating OVR nya selalu naik mengikuti seberapa sering pemain tersebut mendapat TOTW (inform), jadi biasanya diambil totw terakhir.

1.31 Squad Building challenge Reward - warna biru +ungu

Muncul di Fifa 17 Console, jika kita build squad sesuai syarat di achievement, maka kan ada reward kartu ini. Cuma ada 2 pemain dengan kartu jenis ini, Jonas ovr 87 dan Sebastian Giovinco ovr 86.

1.32  FUT Champions Reward


di Fifa 17 Console terdapat fitur baru tournament, semakin sering menang dan tinggi peringkat , maka reward nya makin besar, dan ada juga reward kartu pemain dengan warna merah+putih+gold/silver/bronze

1.33 Fifa 17 Journey Reward - warna background hitam dan list gold

reward yang diberikan jika menyelesaikan Story Mode Journey Alex Hunter, kartu yang didapat adalah Alex Hunter rating ovr 75.

1.34 Player of The Month aka Award Winner
pertama kali dirilis di Fifa 17, mirip challenge reward dimana harus memenuhi syarat tertentu untuk mendapatkannya. Tidak bisa dijual.

1.35 Futties Winners

The Futties di 1.20 berisi list nominasi pemain dari suatu kategori, jadi kemudian dipilih pemenang dari setiap kategori, dengan OVR yang lebih tinggi.

1.36 Halloween Screamer Team
Muncul di Fifa 17, selama periode Oct 28 - Nov 1, Rating dan Stats mereka naik drastis. Perkiraan naik sekitar +13 OVR.

1.37 Movember

dirilis bulan November hasil kerjasama dengan Movember Foundation.

1.38 Team of The GroupStage

1.39 FUT Birthday
1.40 Man of the Match 2017 (3 version)
   Continental MotM       Basic MotM     International MotM

1.41 Premium Squad Building challenge Reward 



Coming soon card (sumber wefut):
Man of the Match Blue version??, international man of the match 2017,
Squad Building Premium Reward, MLS Allstar, Promo card.

Demikian 38 jenis kartu pemain berbeda yang pernah muncul di semua generasi Fifa/Fut


informasi tambahan:

Ada lagi kartu special case (kasus khusus) seperti, Elio Castro di fut15 (hadiah card yang diberikan oleh EA khusus kepada seorang pemain playstation karena membantu sumbangan dana terhadap sebuah organisasi) dan Gareth Bale Pro Player card di Fut 13 (hadiah card yg diberikan EA ke seseorang yang accountnya kena hack), tapi mereka mempunyai kosmetik design kartu yang sama dengan yang disebutkan diatas, hanya special karena terbatas jumlahnya cuma 1 didunia. Juga ada Kenton Doust, anak kecil yang sembuh dari kanker dan EA memberikan kartu Pro Player ovr95.

Di beberapa game seperti Fut 15 New Season, Fifa World, Fifa Online 3 , terdapat kartu pemain dari beberapa generasi/musim, jadi 1 pemain bisa memiliki versi musim lalu dan versi musim sekarang dengan stats yang berbeda. di Fifa World, seorang pemain dengan 2 kartu generasi berbeda memiliki design kartu berbeda, di Fut 15 New Season designnya sama jadi cara bedainnya harus dengan melihat stats pemain, di Fifa online 3 memiliki simbol angka tahun tertera di kartunya.


Bonus : Fake Card atau kartu palsu

EA tidak pernah merilis kartu ini


(hijau-orange di baris 1 dan hijau muda di baris 2)Sebutannya ThrowBack card, tidak resmi/asli, di cipta kan oleh salah satu site Open Pack Digital , berisi pemain yang bermain di mantan klub sebelumnya.
beberapa site FUT besar seperti Futwiz dan Futhead , ada fitur custom card, dan ada pilihan jenis card ini di edisi tahun 2015, harusnya tidak ada jenis kartu ini, mereka menyebutnya Blue-Green card.
Fake! EA tidak pernah merilis kartu ini

Kartu Player Wanita ini hanya buatan salah satu site Open Pack Simulator.





Bonus: Design kartu fut 16 


1 komentar:

  1. DO YOU PLAY FIFA ULTIMATE TEAM?
    Then you probably need MORE COINS!
    Start auto-trading using FUT Millionaire.

    BalasHapus