Rabu, 02 Juli 2014

Chromecast vs EZcast



Ada sangat banyak cara untuk mirroring screen device kita ke TV atau monitor, mulai dari Chromecast, EZcast/Miracast, menggunakan SmartTV, Samsung Dongle, AllShare Hub Wireless Cast, MHL Cable, USB cable with ScreenMirroring app, NFC-ready cast, remote app on Android, DLNA device, streaming media player (seperti Apple TV dan Google TV), Samsung Link atau Google TV Remote, Airdroid, Samsung SideSync, dll.
Berikut yang paling popular jika kita tidak memiliki Smart TV:

Chromecast
Harga: $35(400 an ribu)
Supported OS: Android, iOS, Windows, Mac OS X, Linux, Chrome OS

Chromecast mempunyai fungsi utama untuk Streaming (Video/Audio) dan Mirroring tampilan Chrome Browser. Dibutuhkan Wifi Router, trus TV dan HP/Laptop/Tablet connect di Network yang sama, Chromecast di colok ke TV (ga usah smart TV) dan power nya bisa dari TV (menggunakan USB TV dan daya 1A) atau colok ke stop kontak dengan adaptor plug (disediakan setiap pembelian chromecast). Startup nya butuh waktu dan lebih lambat dari EZcast.
Pertama kali connect butuh setup , tetapi selanjutnya auto-connect. Setelah loading start-up selesai dan "Connected", bisa Streaming dan Mirroring Chrome Browser.
Beberapa website memiliki Cast-ready (seperti Youtube), maksudnya site itu telah dibuat/dirancang khusus agar memberi best experience untuk di tampilkan di Chromecast dan TV, dalam artian memiliki tombol khusus disite untuk cast ke TV. Beberapa aplikasi (ios/android/mac/windows) juga support chromecast, dan aplikasi tersebut juga memiliki tombol khusus Cast Content ke TV (aplikasi apa saja yang mendukung dapat di check di site Google Chromecast App) .
Chromecast sampai sekarang ini masih belum bisa mirroring di luar Chrome Browser. Mirroring Chrome Browser nya ada pilihan mau resolusi berapa, makin besar resolusi makin besar resiko patah2/lag. Chromecast sendiri merupakan hybrid gabungan Chrome OS + Android + prosperity OS.
Jika tidak digunakan, Chromecast akan menampilkan Wallpaper  gambar HD yang keren di TV. Saat Casting Youtube lewat Laptop, setelah memberi perintah Play, kita tidak usah buka terus laptopnya, langsung tutup juga tetap jalan video youtubenya di tv.
Yang kurang saya suka selain yang diatas, kadang kalo buka perlu Update platform Chromecastnya, dan kadang susah connect (pas awal2).
Kita bisa mengakali agar HP bisa connect ke Chromecast tanpa perlu wifi router, dengan aplikasi BubbleUPnp, tapi tutorialnya ga akan dijelasin jadi silahkan google sendiri (dan butuh 2 HP pada awal set-up).
Chromecast mempunyai beberapa game tersendiri , yang dimana HP atau tablet dijadikan controller, cukup asyik untuk maen ma keluarga (spt UNO, Dance, dll)

Update tahun 2015: 
CC sudah bisa Mirroring, biar masih beta, tapi saat saya test tidak ada masalah, kadang agak susah scanning/connecting, tapi ga masalah. Delay pada screen mirroring hampir tidak ada, bisa untuk maen game fighting/sport.

EZcast
Harga: $20 (200an ribu)
Supported OS: Android, iOS, Windows Phone, Windows, Mac OS X

EZcast mempunyai fungsi utama Casting file audio/video dan Mirroring tampilan device kita. Startup nya lebih cepat dari Chromecast. Kelebihan EZcast dibanding Chromecast adalah kita tidak membutuhkan Wifi Router , cukup 1 device (HP/tablet/laptop) dan EZcast untuk hubungkan ke TV. itu dimungkinkan karena EZcast memiliki Wifi chip ecek-ecek (wifi chip sendiri).
EZcast menggunakan sistem OS Linux, jadi lebih fleksibel, cara setup nya tergolong gampang, tinggal colok EZcast ke HDMI TV dan usb connector ke USB TV untuk power, maka sudah bisa casting dan mirroring. Untuk melakukan Casting lebih gampang, tinggal menjalankan aplikasi pada device anda dan connect ke Wifi EZcast, sedangkan untuk mirroring butuh beberapa langkah tambahan. Dengan harga yang jauh lebih murah dan fungsi yang lebih banyak serta startup lebih cepat, EZcast memiliki keunggulan dibanding ChromeCast.

Panduan atau manual dari EZcast agak membingungkan, kayaknya orang china pake google translate gitu buat guide set up manualnya, mending ga usah dibaca .

Update tahun 2015: 
Screen mirroring EZcast delay lebih tinggi daripada CC, tidak cocok untuk game cepat seperti fighting/sport, selain itu ga masalah.

MHL Cable (kabel hijau pada foto)
Harga: $20
Supported OS: All

berbeda dengan dua diatas, yang ini tidak wireless, alias menggunakan cable, dan perlu adaptor sebagai sumber power. Terkadang sinyal GSM bisa menganggu screen. Tidak dibutuhkan software apapun untuk menjalankannya, cukup Option/Setting Screen Mirroring pada HP/Tablet anda dikasih On. Dan mempunyai kelebihan tidak ada delay seperti wireless mirroring.
Usahakan jika mau beli ini, beli yang kabelnya agak panjang, kalo yang terlalu murah kadang dikasih kabel pendek.

Winner: EZcast


12 komentar:

  1. Mas, EZCast saya firmwarenya terupdate secara otomatis ke internet, ternyata setelah update firmware pada saat saya memutar film tiba tiba film tersebut putus ditengah tengah dan kembali ke menu awal.
    Bagaimana agar firmware EZCast saya kembali ke firmware sebelum update.
    terima kasih..

    BalasHapus
  2. mas, mau tanya, memungkinkan tidak jika saya menggunakan beberapa EZcast di beberapa monitor mendisplay dari 1 perangkat.

    BalasHapus
  3. Kalau mau dishare ke beberapa monitor, menurut saya bisa menggunakan HDMI Splitter. Jadi bisa menampilkan hal yang sama di beberapa monitor.

    BalasHapus
  4. Kalau kabel pada ezcast hilang atau rusak, bagaimana agar bisa terhubung?

    BalasHapus
  5. Ezcast kan banyak jenis. Ada ezcast,ezcast m2,ezcast v5ii apa bedanya sih gan sama fiturnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ezcast terbaru v5ii, ane udh coba lbh mudah dan support semua aplikasi dari ezcastnya, klo lainnya hampir sama m2 dan anycast, beda dgn ezcast v5ii. Update firmware klo mau mirroring ios 10, thanks

      Hapus
  6. Mas kalo ezcast sama anycast atau easycast apa bedanya...? Terus bagus yang mana...??

    BalasHapus
  7. Gan klo ezcast ada aplikasinya dr websitenya bisa utk windows, android, ios dan mudah penggunaannya, tapi klo anycast ga ada aplikasinya, jd lgs ikutin langkah dari tvnya abis connect ssid trus masukin ip address utk web setting dst. Ane udh coba pake ios 10 mirroring ke tv dari ezcast dan anycast setelah upgrade firmware semua lancar. Nah klo chromecast mungkin lebih support di android walaupun dr ios mesti pake aplikasi
    Google home dulu. Overall lbh mudah ezcast gan. Thanks

    BalasHapus
  8. Untuk Chromecast bisa tanpa aplikasi kok. Caranya di chromecast ada settingan untuk available as a guest. Jadi tanpa koneksi ke wifi pun bisa langsung cast.

    BalasHapus
  9. Untuk delaynya di game hd, apakah sangat berasa sekali?

    BalasHapus
  10. Mas kalo smatrphonnya ga ada dlna nya hanya wifi biasa bisa tidak pake ezcast?

    BalasHapus
  11. EZCast mudah setupnya, tapi gak stabil wifinya. Suka putus-nyambung saat digunakan dan lemah pada port power-data. Gampang uglak-uglik jadi suka disconnect.
    Mungkin Chromecast yg asli Google lebih bagus kualitas produknya.

    BalasHapus