Sound Enhancement / Sound Processing / Audio Setting / EQ setting

Sound Enhancement / Sound Processing / Audio Setting / EQ setting


Sound Enhancement merupakan suatu kegiatan processing suara pada DAP (digital audio player). bisa menjadi lebih baik, lebih jelek tergantung selera dan jenis headphone/earphone Anda , cara pengesetan Anda dan tentu Teknologi SE/EQ itu sendiri.

Banyak orang yang tidak menggunakan EQ (not an EQ-man) mengatakan/memberi alasan kalo suara jadi tidak alami, padahal fakta aslinya adalah mereka males untuk mempelajari karena makan waktu dan pikiran untuk mencobanya. Tujuan utama dari EQ/Sound Enhancement setting adalah Tweaking suara agar bisa mencapai tingkat kepuasaan yang kita inginkan, loe pake headamp juga ya fungsi utamanya adalah Tweaking, jadi ya sama aja dunk ga jadi alami??, bedanya EQ peningkatannya tidak sebagus Amp kualitasnya, bahkan tidak selamanya menjadi lebih baik dibanding jika pake Amp. ya maklumlah satu software satu lagi hardware, satu lagi gratisan plug-in player satu lagi bayaran. Ya selama Free, tetap aja sound enhancement dan EQ tetap lebih baik daripada ga ada samasekali, lagipula kita ga dipaksa untuk selalu menggunakannya, itu hanya pilihan bebas. Pengesetan yang tidak cocok bahkan menjadikan suara jadi aneh, dan pengesetan yang berlebihan juga membuat kualitas suara menurun, So Be Aware.

Sound Enhancement Trademark (SET) article by a_tumiwa


1. BBE

Semua DAP Cowon menggunakan sound enhancement ini dan merupakan salah satu yang terkenal akan kualitasnya, banyak digunakan untuk hardware sound system juga.  Didalam BBE termasuk juga March3Bass untuk meningkatkan performa bass, preset BBE , dll.  Varian dari BBE di Cowon mulai dari BBE (versi ori) , kemudian dilanjuti dengan BBE+ seperti pada Cowon D2+ dan BBE Viva pada Cowon S9. Tambahan lainnya adalah pada Equalizer dibagian Frequency Band terdapat pilihan settingan wide/normal/narrow yang digunakan untuk mempertegas pemisahan pada masing-masing frekuensi suara.
Contoh DAP yang menggunakan:  Cowon line, Cube C30

2. PlayFx

Merupakan Sound Enhancement keluaran Microsoft. Lucunya DAP microsoft sendiri si Zune tidak pake sama sekali product sendiri ntah kenapa, padahal sudah 4 generasi gitu, dan yang lebih lucunya zune 2G dan 3G tidak mendukung EQ atau preset EQ. PlayFx banyak disukai oleh orang-orang China. PlayFx lebih banyak dalam bentuk Preset EQ, dan antara 1 dap dengan dap lain biarpun sama2 punya PlayFx tapi bisa beda presetnya, yang paling umum mungkin PlayFx 3D dan PlayFx Bass. Utk basshead dan punya Rocoo, boleh coba tu PlayFx PureBass , loe bakal gembira setengah mati.
Contoh DAP yang menggunakan:  Rocoo, Teclast

3. SRS

Merupakan Teknologi yang paling sering digunakan oleh DAP-DAP Iriver dari dulu. Memiliki beberapa varian seperti SRS WOW, SRS HD, SRS CS, SRS True/WOW HD?? , dll. Sound Enhancement ini dalam bentuk beberapa options gitu (biasa sekitar 5 options), dan setiap options itu ada pilihan level kekuatannya antara 1-10. Beberapa pilihan diantaranya setau gue ada Focus, WOW, SRS, Definition, Trubass, dll. SRS sering muncul juga di mp3 player low end (tanda kutip abal2) dengan tujuan meningkatkan penjualan biarpun hardware ga mendukung.
Kelebihan SRS ini yang kusuka adalah bisa membuat suara menjadi warm atau bright seperti yang kita mau. Untuk info definisi/fungsi/arti dari masing2 settingan SRS, akan diupdate lebih lanjut kedepannya.
Contoh DAP yang menggunakan:  Iriver line, Simbadda Deo, Cross Brick, banyak mp3 player abal2

4. DNSe

Bersama dengan BBE merupakan salah satu yang paling diminati untuk sekarang ini . Hadir dalam bentuk seperti Custom Equalizer dan settingan processing lainnya. Merupakan Sound Enhancement yang paling bebas untuk mengekpresikan karakter suara yang kita inginkan. Cuma kelemahannya karena terlalu banyak options (terutama versi 3.0) , membutuhkan waktu lama untuk membiasakan diri atau mempelajarinya. Versi terbaru adalah 3.0 dengan tambahan pilihan SoundStaging Size/Wide/3D (yup soundstaging disini dipisahkan menjadi 3 hal berbeda). Options lainnya termasuk Clarity utk menunjukkan ketegasan tingkat treble freqkuensi tinggi (high-high atau high-mid) dan sudah tentu ada Bass options juga.
Contoh DAP yang menggunakan:  Samsung Line

5. SupremeEx
Merupakan Sound Enchacement trademarknya Kenwood, tetapi tidak semua model dari kenwood menggunakannya, biasanya hanya ada pada DAP kenwood Mediakeg yang high end seperti HD60 series atau HD30 series. Pada dasarnya kenwood mediakeg HD series memiliki suara mirip sennheiser (jika supremeEx dikasih off), tetapi dengan supremeEx, bagian treble akan di enchance sedemikian rupa dan mungkin bagi beberapa orang akan merasa harsh/tajam.
Contoh DAP yang menggunakan:   Kenwood MediaKeg

6. K2

K2 Technology dikembangkan oleh JVC (aka Victor di jepang). Saya kurang tau jenis ini tapi kayaknya lebih ke bentuk options centang mungkin mirip mp3 enchance seperti di Cowon, Upscale audio di Samsung, atau DSEE (digital sound enhancement engine) pada Sony.  Ini merupakan salah satu teknologi yang paling ingin saya tes sekarang ini, terutama yang ada pada model JVC Alneo V80.
Contoh DAP yang menggunakan:  JVC Alneo / Victor Alneo

7. Sony Clear Sound Technology (aka soundaholics)

Merupakan andalan pada dap-dap Sony Walkman (Clear bass juga harusnya ada di SE tapi kualitasnya ga sebagus seperti yang di DAP). Bagi yang menyukai bass, teknologi ini merupakan yang paling difavoritkan dibanding lainnya, dengan Clear Bass dapat meningkatkan Quantity tanpa mengurangi Quality dari Bass. Benar-benar memberi kepuasaan tersendiri, sayang Sony tidak mau membagi resep-resepnya ke perusahaan lain. Selain Clear Bass ada juga clear stereo, VPS,DSEE,Dynamic Normalizer.
Contoh DAP yang menggunakan:
Sony Walkman line

8. Full Sound

Dari namanya, nampaknya ini memberikan efek Hall kepada suara. Tetapi berdasar pengalamanku, efek hall (soundstage+3D+headstaging) biasanya membuat suara menjadi lebih tajam dan kurang fun. Nampaknya Philips Gogear yang menggunakan teknologi ini juga begitu, yang pasti Teknologi ini kurang mendapat respons positif juga seperti Hardwarenya.
Contoh DAP yang menggunakan:    Philips Gogear model2 baru




9. X-fi
 

X-fi merupakan teknologi enhancement yang umum dipakai oleh Creative pada product Sound Cardnya yang seri Sound Blaster. Kali ini teknologi tersebut ditanamkan untuk DAP mereka terutama pada model Creative Zen X-fi dan Zen X-fi2.  Karena itu, kemungkinan X-fi memberikan efek 3D pada suara yang dihasilkan. Teknologi X-fi pada audio kurang mendapat sorotan positif.
Contoh DAP yang menggunakan:  Creative Zen X-fi dan X-fi2

10. IESE
Merupakan EQ baru yang dikembangkan oleh Iriver. Muncul di beberapa seri Iriver model kecil seperti N series. Terdapat beberapa preset EQ tersebut seperti iriver flow, CONCERT, DEEP, Broad.
Contoh DAP yang menggunakan:   Iriver N series

11. (unknown)
Saya sudah lupa namanya, tapi hanya ada 1 merk DAP yang menggunakannya, dan itu pun hanya 1 model. Dengar2 sih teknologi sound processing ini cukup dikenal pada hardware sound engine/sound system. Karena saya orangnya pelupa, jadi tidak ingat nama nya juga lupa sitenya apa, nanti kalo uda ingat lagi atau sudah ketemu sitenya baru di update lebih lanjut.

12. Rockbox??
ini harusnya bukan sound enhancement tapi adalah firmware bebas, tetapi terdapat beberapa options sound enhancement didalamnya, salah satu yang paling terkenal adalah Pan-balance, yaitu mengatur besar kecil volume kiri/kanan (menyeimbangkan), ini cukup bermanfaat untuk orang yang memiliki salah satu telinga kiri atau kanan yang tidak seimbang dalam penerimaan suara (salah satu telinga menerima suara lebih besar dibanding yang lain). Antara satu DAP dengan DAP rokcboxed lain memiliki pilihan settingan2 yang tidak sama. Dari pengalaman saya, yang paling lengkap fitur setting audionya adalah Cowon X5L, terlalu banyak pilihan sehingga saya yang EQ-man pun males ngesetnya, sampe yang ga penting seperti pitch (tinggi nada suara) juga ada disini.

13. Dolby Digital

Dolby Digital cukup terkenal di Home Theater, penggunaannya pada mobile sangat terbatas, perusahaan atau product yang menggunakannya pun cukup terbatas, saya hanya tahu LG-LB4400, yaitu Phone-DAP buatan joint venture LG dan Iriver, menggunakan teknologi Dolby Surround Mobile.

14. QSound Labs
website: http://www.qsound.com

Tidak banyak diketahui tentang teknologi ini, yang pasti perusahaan ini bergerak di bidang audio processing di banyak hardware.
Contoh DAP yang menggunakan:  Oracom series, INS mobile iVidi



15. LifeVibes
tidak banyak yang diketahui soal jenis ini, beberapa mp3 player asal china menggunakannya.
[img]http://www.waybeta.com/uploads/img/20100630/1151/201006301106512412.jpg[/img]
Share:
Next Post Previous Post