Rabu, 12 Desember 2012

NewComers in mobile OS wars 2013

Tahun 2013 merupakan tahun dimana mobile OS baru bermunculan, akan ada yang mampu bertahan, ada juga yang bakal tergusur. Berikut beberapa OS baru tersebut:

1. BlackBerry 10
perusahaan: RIM


BlackBerry terancam bangkrut , hanya kuat di Indonesia, sehingga mereka terpaksa memunculkan OS baru yang mempunyai teknologi sekuat Android, iOS, WP. OS ini mereka buat selama sekitar 1-2 tahun dan isinya adalah total baru , jadi bukan hanya upgrade biasa seperti BB OS versi 1 sampe 7.
OS ini dikabarkan bukan hanya terbatas untuk ponsel BB, tetapi BB juga lisensikan kepada perusahaan pabrikan ponsel lain, beberapa yang di tawarin RIM untuk menggunakan OS baru ini adalah Samsung dan HTC. Fitur yang diandalain selain tetap BBM adalah semacam jasa service uang digital.


2. Tizen 
perusahaan: Samsung



Tizen merupakan hasil buatan dari beberapa perusahaan besar seperti Samsung, Intel, Linux Foundation, dan lainnya. Samsung merupakan perusahaan ponsel terbesar didunia, tahun ini telah melewati penjualan jumlah ponsel yang sebelumnya selama 10 tahun dipegang Nokia, di kategori SmartPhone juga berhasil melewati Apple. Dengan ketenarannya, maka OS baru ini diperkirakan mampu memotong kue persentase market mobile OS, ada kemungkinan OS Android akan sedikit menurun tahun depan karena sebagian ponsel buatan Samsung sudah menggunakan ini. Tizen sangat berfokus pada html5.


3. Firefox OS/Boot2Gecko
perusahaan: Mozilla




Firefox OS dibuat oleh sebuah perusahaan browser internet terkenal, tidak seperti Tizen yang hybrid, OS ini sangat berbasis HTML5 secara penuh. Nampaknya banyak perusahaan ponsel china sangat tertarik dengan OS ini, jadi pasar yang paling awal mungkin targetnya adalah pasar China.


4. Sailfish 
perusahaan: Jolla



OS ini dibuat oleh Team yang berada dibelakang Meego OS , sehingga dari keempatnya, OS ini diperkirakan yang paling matang saat kemunculan awalnya nanti, biasa OS baru membutuhkan minimal 2 tahun untuk menjadi Mature/dewasa, kemungkinan Sailfish duluan matang dibanding 3 OS diatas, karena OS ini sangat berbasis Meego, banyak yang di copy dari OS Meego.


update:
5. Open WebOS
perusahaan: HP
ini bukanlah OS baru, cuma biasa hanya digunakan pada ponsel buatan HP, kali ini menjadi free dan open source, siapa saja boleh menggunakannya, dikabarkan ZTE berminat untuk merilis ponsel yang menggunakan OS WebOS

6. Ubuntu Mobile

perusahaan: Canonical
aslinya OS ini baru akan muncul di tahun 2014 awal, tetapi versi portingnya sudah akan dirilis untuk Galaxy Nexus sekitar awal tahun 2013.



Siapakah yang mampu bertahan sebelum melawan Android, iOS, dan Windows Phone?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar