Rabu, 14 November 2012

Zen Vision: M


Creative Zen Vision: M

berikut saya akan review singkat salah satu model keluaran Creative yaitu Zen Vision M. Creative merupakan pemain lama dalam pasar dap dan komputer, dan merupakan salah satu merk paling dikenal masyarakat umum pada pasar DAP dengan menguasai pangsa pasar dap antara 2%-4% didunia pada tahun 2008 (masih dibawah ipod dan sansa). Creative pada dasarnya memiliki 2 model utama, yaitu seri Zen dan seri Muvo, tetapi seri Muvo yang umummya berbasis battery AAA sudah tidak dirilis lagi versi barunya. Sedangkan sekarang telah ada model baru yang disebut Zii, yang dirilis akhir tahun 2009. Untuk para kalangan Audiophile, Creative kurang diminati, tetapi untuk kalangan masyarakat umum, Creative sering dijadikan pilihan.

Review singkat ini sangatlah subjektif berdasarkan pemikiran saya, jika Anda berbeda pendapat, silahkan saja, karena perbedaan pendapat itu juga harus kita hargai.

Saya akan review dengan sesederhana mungkin dan sesingkat mungkin. Maaf jika ada yang kurang lengkap atau kurang detail ataupun informasi yang salah. [i]Review suara adalah tanpa menggunakan LOD, dan seri ini support LOD dengan bantuan dock bawaannya.

Creative Zen Vision: M
Bagan:
1. Foto-foto
2. Spesifikasi
3. Sepenggal sirih
4. Box (dus) dan aksesoris bawaan
5. Body build (material pembuatan casing) dan design
6. UI (unit interface, kinerja sistem didalam player)
7. SQ (sound quality, suara yang dihasilkan)
8. Fitur
9. Kelebihan dan kekurangan singkat
10. Kesimpulan akhir

1. Foto-foto
Silahkan google aja ya, karena disini ga support.

2. Spesifikasi

ZEN Vision:M
Capacity: 30 GB (has ability to record FM radio) / 60 GB (has USB Host)
Memory type: Hard drive
Dimensions: 104 × 62 × 18.6 mm (4.09 × 2.44 × 0.73 in.)
Weight: 163 g (5.75 oz.)
Screen: 2.5-inch TFT LCD
Screen resolution: 320 × 240 pixels
Color depth: 18-bit (262,144 colors)
Battery life Audio playback: > 14hrs (30 GB) / 17hrs (60 GB)
Video playback: > 4hrs (30 GB) / 5hrs (60 GB)
Charging time: 6hrs (2.5hrs through optional power adapter)
Container formats: AVI
Video formats: DivX / Xvid 4.x / 5.x, MPEG-1, MPEG-2, MPEG4-SP, WMV9, Motion-JPEG
Audio formats: MP3, WMA (including protected WMA), WAV,
Photo formats: JPEG, up to 16 megapixels (BMP, GIF, and TIFF with included conversion software)
Battery:  rechargeable Li-Ion battery
Signal-to-noise ratio: Up to 96dB
Harmonic distortion Output: <0.1%
Frequency response: 20 Hz - 20 kHz
EQ types: Acoustic, Classical, Disco, Jazz, New Age, Pop, Rock, and Vocal & 5-band custom setting
Album art source: Folder.jpg or Direct Album Art ID3 tag on MP3 file
Audio output: 3.5 mm stereo mini-jack, built-in speaker for clicker
Video output: Composite TV-Out: supports NTSC and PAL systems (720 by 576 pixels)
Recording input quota: 10hrs
FM radio presets: 32
Connection type: USB1.1 / 2.0, MTP


3. Sepenggal sirih
Vision M merupakan salah satu seri dari Creative Zen yang mempunyai kapasitas sangat besar sampai dengan 60gb, memang tidak sebesar ipod classic yang sudah mencapai 120gb, tetapi masih diatas rata-rata DAP pada saat itu maupun sampai sekarang. Jenis penyimpanan yang digunakan adalah Hardisk , yang dimana sekarang jarang digunakan dan perusahaan-perusahaan lebih beralih ke Flash Memory type karena battery life bisa lebih lama dan lebih tahan untuk penggunaan jangka panjang (lebih awet) serta design player bisa lebih tipis/kecil, tetapi Flash type memiliki cost yang sangat tinggi sehingga banyak perusahaan yang harus memikir 2x sebelum memasang Flash dengan memory kapasitas yang tinggi. Banyak perusahaan dap yang menggunakan hardisk sebagai medianya menggunakan Toshiba, sedangkan untuk Flash-memory menggunakan Samsung (pada saat impresi ini dibuat, Toshiba mengumumkan telah membuat Hardisk ukuran 1.8” sebesar 320gb, ukuran 1.8” sering digunakan oleh Apple pada ipod classicnya, apakah itu berarti ipod classic selanjutnya akan menggunakan Toshiba tersebut??). Seperti biasa dap creative selalu menampilkan banyak fungsi tombol eksternal. Harga MSRP (harga awal saat pelirisan produk) adalah sekitar 2 jutaan untuk kapasitas 60gb.

4. Box (dus) dan aksesoris bawaan
Seperti biasa Creative selalu menaruh box yang bagus designnya. Didalam box juga terdapat Dock yang berfungsi untuk charge dan juga bisa digunakan sebagai Line-Out. Line-out yang dihasilkan adalah murni 100% dan membuat suara menjadi lebih jernih dibandingkan dengan phone-out. Earphone bawaan mempunyai suara yang sangat bagus dibandingkan rata-rata dap lain, kalo ga salah mempunyai nomor seri EP480. Kualitas earphone bawaan jika dibandingkan dengan earphone lain adalah range 200rb.

5. Body build
menggunakan warna hitam/pink/hijau muda/putih/biru (ada 5 pilihan warna) pada bagian depan dan warna putih pada bagian belakang, cukup bagus penggunaan gabungan 2 warna tersebut. pada bagian depan yang warna hitam, bahan material yang digunakan adalah Plastik lunak semacam acrylic, sehingga tidak tahan goresan dan untuk penggunaan jangka panjang, susah untuk menjaga kemulusan player jikalau tidak benar-benar dijaga dengan hati-hati. untuk bagian belakang menggunakan semacam Plastik keras semacam PVC.
Tombol yang hadir cukup banyak, ada 4 tombol perintah, 2 tombol analog (kiri dan kanan), dan untuk arah atas dan bawah menggunakan Touch-Slide, kemudian tombol geser power on/off ada diatas. Volume suara menggunakan analog atas-bawah (Touch Slide).

6. UI
Respon yang dihasilkan cukup cepat tanpa lag, kemudian untuk startup saat pertama kali buka setelah dalam waktu lama player ga digunakan memang sedikit lambat, tetapi jika untuk penggunaan sehari-hari, Startupnya termasuk dalam kategori cepat dibanding rata-rata (sekitar 3 detik). Pada saat awal layar utama, kita disuguhi pilihan mulai dari Music Library, Photos, Videos, FM Radio, Microphone, Extras, System.  Diatas kanan terdapat indikator sisa battery.
beberapa keunggulan UI creative dibanding dap lain adalah yang pertama search song bisa menggunakan huruf abjad, cukup membantu jika lagu terlalu banyak. Yang kedua adalah bisa memberikan rating lagu. Yang ketiga dengan tekan satu tombol bisa langsung masuk ke Playlist lagu.

7. Sound Quality
Creative Zen Vision M adalah salah satu dap creative yang bagi gue termasuk kategori lumayan dibanding Creative lainnya (kebetulan gue uda coba banyak product dap creative juga). Overall dari semua Seri Creative yang pernah saya coba , yang bagi gue terbaik Suaranya(opini pribadi) adalah Creative Zen (Zen tok). Vision M dan Vision W kira-kira kalah cuma setingkat dibanding Zen. Suara yang dihasilkan Creative Zen Vision M cukup tebal dan terkesan warm , dengan option bass quantity on, bass yang dihasilkan tidak over dan pas, kalo bass quantity off yang agak kurang, jadi saya lebih sarankan untuk selalu menggunakan bass boost on. Karakter suara yang dihasilkan yang tidak saya suka adalah kurang jernih atau terasa sedikit kasar dan kemudian treble yang dihasilkan kurang dalam (deep), untungnya earphone bawaannya dapat mengurangi sedikit kekurangan dibagian tersebut. Untuk lagu-lagu cepat seperti rap,rock,metal dirasakan kurang, sedikit mirip ketinggalan kereta api. Untuk power suara, termasuk dalam kategori kecil , saya menggunakan volume sekitar 14-15 dari total 25 untuk earbuds (ohm dibawah 50). Setiap dap yang menggunakan volume diatas 50% selalu saya anggap power kecil. Equalizer pada Vision M tidak sebagus dibanding Vision W, bahkan saya lebih menyukai off saja, karena perubahaan yang dirasakan dengan equalizer tidak lebih baik dari menggunakan Equalizer seperti pada Vision W.  Jika Anda adalah pengguna Equalizer, Vision W lebih cocok suaranya untuk Anda. Secara umum, ternyata suara antara Vision M dan W berbeda, salah satu perbedaannya adalah Vision W lebih basah vokalnya.
Nilai: 6.5/10

8. Fitur
Terdapat FM Radio, Video, Photo, Recording . untuk View Photo, kualitasnya kalo dibandingkan dengan yang touchscreen memang masih blom bisa, tapi jika dibandingkan dengan yang non-touch screen, termasuk bagus dalam penampilan resolusi dan warna, paling sedikit kurang cerah saja warnanya. Untuk video, karena layarnya yang kecil, lebih cocok untuk melihat video klip, untuk full video movie dirasa kurang nyaman. Video dan Photo default yang dikasih banyak, kebanyakan video iklan Creative.

9. Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan:
1. Kapasitas besar
2. Earbuds bawaan mempunyai suara bagus
3. banyak tombol eksternal
4. Line-out dock include didalam box
5. Search song bisa menggunakan huruf abjad
6. Seperti dap creative umumnya adalah rating song

kekurangan:
1. Design tebal dan berat
2. Banyak yang komplain dengan battery nya (sering masalah)
3. Material yang digunakan terutama bagian depan tidak tahan goresan.
4. Equalizer tidak begitu bermanfaat dalam peningkatan suara.
5. Tidak bisa membaca FLAC (loseless)

10. Kesimpulan akhir
seperti product Creative pada umumnya, secara keseluruhan, product ini tidak menampilkan sesuatu yang khusus, lebih ke standard rata-rata. Secara ciri-ciri, Zen Vision M agak mirip dengan Ipod Classic (kapasitas besar, tombol analog pake touch-slide, layar hampir sama besar, menu utama stylenya sama, fungsi fitur hampir sama, harga ga murah, dll), jika kalian anggap Ipod classic itu worth, maka Vision M juga worth, jadi semua tergantung pemikiran Anda. Mungkin aspek yang paling ditonjolkan adalah kapasitas besarnya. Biarpun harganya lebih mahal dari Samsung P3 (sekitar 2 jutaan) , tidak berarti Vision M lebih baik dari P3, tetapi ya mereka tidak bisa dibandingkan juga, beda pasar dan kategori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar