Kamis, 08 November 2012

Fitur fitur pada jam tangan


Time Replay

Direct Drive = fitur yang memperlengkap power reserve indicator, dimana kita juga bisa melakukan manual winding dan nanti hasil energy yang didapat langsung up-to-date di indicator.

Daylight Saving Time  = aka sleep mode, suatu fitur yang dapat membuat jam tidur pada jam jam tertentu untuk menghemat energy.

Power Save Function = istilah pada jam yang mampu membuat hand detik bergerak dengan frekuensi yang lebih sedikit (tidak lagi per detik), dengan maksud untuk menghemat energy, biasanya fitur ini aktif disaat energy tinggal tersisa sedikit.

Auto Relay = menyimpan data waktu secara internal biarpun hand jam tidak jalan, kemudian otomatis setting waktu saat jam berjalan, biasa bisa simpan / mengingat waktu sampai 5-6 bulan saat full charge, kadang ada yang sampai 4 tahun.

Instant Date = Fitur yang langsung mengubah tanggal jam langsung setelah jam 00:00, tanpa ada setengah - setengah pada kalender, tanggal tidak berubah sebelum/sesudah pukul 00:00. Fitur ini cukup terkenal pada jam dengan mesin swiss eta.

Radio-controlled = Men-setting waktu menggunakan frekuensi radio, sehingga cukup akurat, tetapi harus berada di negara/wilayah yang memiliki Radio Tower untuk sinkronisasi jam. Indonesia belum memilikinya.

Satelite Wave = menggunakan fasilitas GPS untuk setting dan adjust waktu, bisa digunakan di negara manapun, tetapi harga jam nya mahal. Citizen cukup terkenal untuk teknologi ini.

Power Reserve Indicator = Hadir pada jam Automatic/Mechanic, Kinetic, atau Solar, sebagai penunjuk sisa energy yang ada pada jam tangan.

Atomic TimeKeeping = semacam fitur untuk menangkap suatu sinyal untuk kalibrasi waktu yang kemudian secara otomatis mengoreksi waktu jam kita, membuat jam dengan fitur ini sebagai yang paling akurat

Perpectual Calendar = sebuah fitur yang membuat tanggal menjadi akurat karena menggunakan sistem penanggalan Julian, biasanya kita 1 tahun harus beberapa kali adjust tanggal jam karena mesin jam tidak bisa membedakan 1 bulan ada 30 atau 31 hari, terus tidak bisa mengenal tahun kabisat , dan lainnya, sehingga 1 tahun setidaknya perlu 5-7x adjust tanggal. Dengan perpectual calendar, akan selalu tepat sampai pada tahun 2100.

Minute Repeater = fitur yang bisa membunyikan suara/tone dan tone tersebut menunjukkan waktu, sehingga kita bisa mengetahui waktu apa berdasarkan suara.

Eco-drive = aka solar, istilah yang digunakan citizen

Tri-Syncho Regulator = suatu design mekanisme pada mesin automatic yang berasal dari Seiko spring dive series, yang bisa membuat power reserve bertahan sampai 72 jam.

Tourbillon = fitur yang ada pada jam mechnanical/automatic , dimana bentuknya kelihatan ada sesuatu yang bergerak di Dial jam tangan (google saja kerena susah dijelasin), tujuannya adalah untuk meningkatkan akurasi jam dengan cara mengurangi efek gravitasi yang ada didalam jam , dan sekarang ini banyak digunakan sebagai tanda luxury/kemewahan jam tangan.

Tachymeter, Chronograph =

GMT =

ABC watch =

1 komentar: