Rabu, 14 November 2012

Sony mdr-CD900ST


Sony CD900ST merupakan salah satu cans brand Sony yang paling sering di incar dan dicari, tetapi karena perilisannya hanya di Jepang, membuatnya agak susah didapatkan untuk orang luar jepang.
Sony Cd900st biasa digunakan pada monitoring di studio jepang yang bahkan sampe monitoring kelas tinggi karena tingkat akurasinya yang sangat tinggi.
Kekuatan utama Sony cd900st adalah suara mid/vokalnya yang forward dan intim  dan range frekuensi dari low (bass) sampe high (treble) yang luas jangkauannya.

Karena vokal yang forward dan intim dari cd900st membuatnya sangat cocok untuk lagu-lagu pop audiophile atau jazz audiophile seperti susang wong, emi fujita, yao si ting, joanna wang, dll.
Keintiman vokal suara penyanyi semakin terasa jika menggunakan source/amp yang lebih warm.

Ada yang bilang vokal sony cd900st agak tipis seperti kembarannya mdr7506, tetapi saat saya coba malah tebal, menurut saya mungkin itu disebabkan oleh tingkat akurasi dan karakter alami sony cd900st yang sangat tinggi membuatnya ketebalan vokal sangat dipengaruhi oleh source dan ampli , jadi karakter-karakter pada source sangat mempengaruhi hasil akhir dari sony cd900st dibanding standard rata-rata headphone lain. Boleh dibilang sony cd900st merupakan salah satu cans yang pernah gue dengar yang paling analytical, jadi jika source kamu jelek, misalkan recording jelek ya akan terasa hasilnya disini, jadi ada istilah garbage in = garbage out, sehingga source ataupun recording yang bagus sangat penting disini, dan ini juga yang kadang menyebabkan orang terpaksa harus upgrade yang lainnya karena sony cd900st terlalu analytical dan revealing. Dari cans ini jugalah saya baru tau kalo recording beberapa album terutama yang album lagu indonesia terdengar ada sedikit bad recording dibagian tertentu, sebagai contoh album gita gutawa yang kedua Harmoni Cinta, awalnya sih pake cans lain asyik2 aja, setelah menggunakan sony cd900st baru terasa ada kekurangan seperti suara sreg2 di detik2 atau menit2 tertentu.

Karena itu jika Anda penggemar suara Fun, tolong jauhi cans ini karena Anda bakal tidak menyukainya, cans ini hanya cocok untuk pendengar musik serius atau critical.

Saya bahkan sering menggunakan cans ini untuk mengecek DAP (digital audio player) baru saya untuk mengetahui kualitas dap tersebut.
Suara yang dihasilkan cukup balance dan frekuensi-frekuensi hi/mid/low tidak terlalu di boost sehingga menimbulkan kesan apa adanya, paling komplain saya hanya pada treble extension agak terlalu tinggi sehingga mungkin beberapa lagu bisa menimbulkan harsh.

Dengan harga yang tidak mahal, barang ini saya kategorikan sangat worth, tetapi jika Anda memiliki ini terpaksa wajib upgrade source dan ampli gara2 sifatnya itu yang analytical, revealing, dan natural.
Bicara tingkat kenyamanan, cans ini nyaman karena ringan dan tidak terlalu besar. Sony CD900st juga tidak butuh power yang besar untuk drive.

Ga heran cd900st sangat banyak dicari studio monitoring di jepang.
Yang pasti Sony cd900st merupakan satu satu nya cans type dynamic driver yang tidak akan saya pernah jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar