Rabu, 14 November 2012

Sansui SS100


Barusan di pinjam Ortho nih , yaitu Sansui SS100 , terharu banget dipinjem barang T.T ,  jangankan mencobanya, buka kotaknya aja uda buat hatiku terharu T.T , maklum jarang banget dipinjemin barang. trus waktu pertama kali dengar juga semakin membuatku terharu karena suaranya yang begitu indah >_< .
Gue ga pernah dengar ortho , sehingga ga tau gimana perbandingan suaranya dibanding ortho lain, yang gue tau sih suaranya sansui ini cukup unik dibanding headphone dynamics, koq suaranya bright tapi ga ada tajam2nya , bingung gue koq bisa gitu ya ??? , gue jadi bingung sendiri nentuin karakter dasar suaranya, dibilang warm/dark uda pasti bukan, trus kalo dibilang bright tapi ga ada harsh nya sama sekali, jadi apa dunk bahasanya??
Selain suara atas nya yang ga ada tajam, gue juga suka suara vocalnya yang sangat forward , sehingga waktu dengar lagu2 audiophile gitu terasa intim banget ,  jadi dengan high nya yg ga ada tajam dan vokal indahnya yang forward banget, ini cans paling saya suka untuk dengar lagu2 audiophile ce , suara2 tinggi ce yang over2 yang bisa buat bulu berdiri karena harshnya jadi ga terasa over dan jadi jinak tapi suara ga jadi warm (aneh bisa gitu). Mungkin itu keunggulan Ortho atau bukan gue ga tau ya, karena ga pernah dengar ortho lain, mungkin beda ya dengan yamaha yang dibilang cenderung dark?
Dari hasil pantauan gue, terkesan frekuensi suara yang paling di condongkan di sekitar 1khz-5khz,  itu kemampuan paling bersinarnya sansui, dan saya liat frekuensi suara specnya ditulis 20hz-20khz, tapi gue dari telinga gue sih itu low frekuensi mulai dari 70hz sudah mulai menurun drastis dan kalo uda 40hz gitu malah uda terasa roll-off, so... menurut gue ini bukan cans yang cocok utk para pecinta suara SubWoofer . Untuk high frekuensi saya merasa itu diatas 14khz sudah mulai ga terasa alias tipis(kalo di gambar grafik Frequency Response itu mulai menurun) , mungkin itu salah satu sebabnya karakter suara sansui tidak terasa harsh , menurutku itu nice move sih, karena bisa untuk lagu pop plus juga bisa untuk lagu cepat tanpa merasa takut harsh. For bass lover, mungkin bisa cari cans lain, this is not for you.
Staging pada Sansui SS100 pada awalnya saya merasa sempit banget, tapi setelah mencoba lebih lama, saya yakin itu disebabkan oleh vokalnya yang forward banget, karena saya kemudian mencoba teknik yang diajarkan oleh Master GP pada saat2 awal saya join au id, yaitu menentukan suara alat musik yang paling ujung didalam sebuah lagu, dari situ terasa kalo SS100 tidak mempunyai staging yang sempit, tetapi juga menurutku ga gitu luas, jadi standard ga wide dan ga sempit (ini yang paling cocok sih menurutku, karena gue benci staging yang terlalu wide karena akan terasa kurang kuat overall spectrum frekuensi suara pada volume kecil, gue typikal dengar lagu pake volume yang lebih kecil dari rata2 orang). Yang unik dari headphone ini juga pada efek echonya, biasa efek echo menurutku selalu paling berpengaruh itu dari source, tapi ga nyangka headphone koq bisa punya efek echo juga, apa mungkin cuma planar kali ya yang bisa gitu.
Separasi pada Sansui ini blom bisa membuatku terkejut, tapi efek 3D seperti pergerakan2 suara(moving) sangat terasa disini , bener2 kualitasnya bagus dan terasa.
Detail juga merupakan bagian yang kusuka, suara2 alat musik dan background sound effect yang di cans lain hampir ga terdengar, disini lebih terbantu dan lebih terasa kehadirannya. Selain detail, kejernihan suara juga saya suka tapi itu jika menggunakan file recording bagus dan WAV, untuk file mp3 terasa pecah2, kurang forgiving nih terhadap mp3 dan bad recording, juga suara2 yang overtone terasa membuat suaranya sedikit sreg2.
Biarpun ini terlihat type open cansnya, tapi koq gue tes dengar di luar suaranya ga terdengar ya?? saya rasa kalo ini dipake ditempat umum pun ga masalah deh, suaranya ga terdengar oleh orang disamping. Untuk lagu rock saya blom sempat mencobanya, karena cuma dipinjam beberapa hari ga sampe  1 minggu, itupun ga tiap hari dengerin musik, lagipula gue selalu ketagihan pake ini cans utk lagu2 audiophile pop yang penyanyinya ce, jadi ga ada waktu utk ngetes Rock :D
Saya mencoba Sansui ini banyakan pake dac+amp Carat UD1, dan ternyata sansui itu ga gitu haus2 power banget juga ya, awalnya gue pikir ortho itu selalu haus power sampe sebegitu mengerikan, ternyata di carat UD1 yang ampnya dikenal bukan amp yang kuat juga gue dengarnya cuma pake volume jam 10 atau 11 aja. Nampaknya kalo di DAP direct juga ga masalah , cuma ga tau bisa nyanyi atau nga aja paling :D

Overall, gue merasa ga ada headhone dynamic range 2 jutaan yang bisa ngalahin Sansui SS100 , kalo yang 3 jutaan ga tau deh karena ga pernah punya. Yang pasti Sansui ini beneren bagus banget suaranya, ibaratnya dapet suara Grado tapi bayangkan ga ada harshnya sama sekali, membuatnya menjadi cans yang sempurna di range harga xxx. Untuk kenyamanan, mungkin kurang kali ya kalo di gue, harusnya bisa di setel dari headband, tapi gue ga brani.... takut rusak :kabur:
Gue heran koq perusahaan2 sekarang ga mau ya ciptakan headphone ortho seperti Sansui ini lagi, suaranya bagus banget, dibilang haus power juga ga gitu parah deh, harga juga ga mahal kalo dilihat dari perfomancenya, kurang apalagi coba.


*Perbandingan vs T50V0

T50 punya deep bass dan low bass
T50 lebih warm
T50 vocal ga seforward sansui
T50 vocal lebih tebal
T50 punya depth yang lebih terasa
T50 lebih balance, bener2 suatu cans yang sangat balance (flat/balance lover akan cinta mati ama ini)
T50 treblenya ga se-spark sansui
Separasi "mungkin" T50 lebih unggul
T50 suara lebih leakage
T50 "mungkin" lebih analytical

detail ga tau karena biasa masalah detail gue harus bandingkan kedua2nya head to head,
High extension juga ga tau, awalnya pikir T50 lebih luas extensionnya, tetapi setelah coba beberapa lama dan beberapa lagu, ga bisa mutusin juga, nampaknya harus head to head juga baru bisa tau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar