Rabu, 14 November 2012

Mouse Shootout


Review 3 Elephant Mouse 

Berikut review pertama saya terhadap Mouse Computer, yang akan saya review adalah merk Elephant, yang menurut saya worth price performancenya.

Beberapa mouse yang pernah saya gunakan adalah:
- Logitech cordless optical M-RR57A
- Logitech cordless optical M-RR95
- Razer Abyssus
- E-Blue Scorpion
- Komic
- Elephant Starck Mic
- Elephant Psyco
- Elephant Arids (Laser)
- Unbranded 3d optical mouse
- Toshiba U20
- Apple
- and other...

saya awalnya adalah pengguna mouse murahan alias abal2, yang bentuknya kecil dengan resolusi dpi yang kecil,tetapi karena ikut terbawa iklan mouse gaming , jadi ya ikut beli Razer dan E-Blue gaming mouse, ternyata saat dipake sangat ga nyaman untuk gue pribadi, bentuknya kebesaran dan agak berat, sering juga membuat jari manisku agak pegal n sakit. akhirnya saya mencari alternatif lain, mouse dengan dpi agak tinggi minimal 1600 dpi, ukuran kecil, dan harga terjangkau, dan akhirnya di temukan merk Elephant dari Jepang (biarpun kayaknya pabrikan ada di china?).
Saya sekaligus beli 3, untuk wanti-wanti soal kenyamanan, jadi kalo satu ga nyaman, kan ada yang lain, mouse elephant yang saya beli adalah Ariz, Psycho, dan Starck Mic, semua under 100 rb.


1. Elephant Arids
Ariz sangat nyaman ditanganku, paling nyaman diantara ketiganya, disamping kiri dan kanan housing juga ada sedikit silicon yang membuat design lebih cakep plus lebih nyaman untuk jari jempol dan jari manis.
Terdapt juga 2 tombol Shortcut back dan forward dan letaknya diatas, sangat cocok untuk saya, karena sebelumnya saya pengguna mouse gaming E-blue scorpion yang ada tombol samping, sering keteken tombolnya.
Untuk gamer yang merasa ga nyaman dengan gaming mouse, dan mencari dpi yang tinggi (mouse abal2 biasa dpi cuma 400-800), dengan tombol tambahan 2 buah yang bisa diset dengan software x-mouse untuk shortcut/macro, Ini merupakan pilihan yang tepat, o iya saya lupa bilang kalo ini Laser, cool right?

2. Elephant STArCK MIC (optical)
gue ga ngerti kenapa huruf r pada nama modelnya adalah huruf kecil. Starck Mic mempunyai design yang paling cakep diantara ketiganya, terdapat 5-6 pilihan warna yang bagus-bagus dan dus dengan warna senada, plus lampu optical didalam yang memancari acrilic putih susu, memberi kesan elegant, mouse ini cocok untuk dipamerkan di tempat umum seperti kantor kerja, tapi untuk gamer saya rasa kurang cocok, tingkat accuracynya ga sebagus arids, dan biarpun dpi sama, tetapi dalam pengetesan yg saya lakukan ternyata tidak sesensitif Arids.
Kenyamanan juga kalah, terutama bagian tengah yang terlalu masuk kedalam, rasanya jadi aneh.
Tombolnya agak keras saat di tekan.

3. Psyco (optical)
mouse ini memiliki resolusi setinggi 1800 dpi, ya better lah dibanding mouse abal2. Secara design sangat jelek  dan ga menarik,kalo masalah ukuran, ternyata lebih panjang dari perkiran gue saat pertama kali melihat foto/imagenya.
Harga berada diantara rentang dua model diatas, saya tes akurasinya ternyata jauh lebih baik daripada Starck Mic, sedangkan kenyamanan juga diatas starck mic, overall kenyamanan masih dibawah Arids, tetapi akan saya bagi beberapa pembagian kenyamanan; yang pertama sisi samping Arids lebih nyaman karena ada daerah silicon, yang kedua yaitu bagian atas (bukan permukaan), lebih nyaman Psyco karena lebih sempit permukaan atasnya dibanding Arids, yang ketiga masalah kabel Arids lebih nyaman, kabelnya fleksibel dan tipis sedangkan Psyco tebal dan kaku, yang keempat masalah permukaan bagian atas, yang Arids agak rendah sedangkan yang Psyco agak tinggi, kalo masalah ini sih tergantung preferensi setiap orang ya suka yang mana. yang kelima tekan tombol, psyco ga senyaman arids, lebih keras dikit. kalo masalah slider, nah ini bagian yang paling buruk dari psyco, yang paling jelek diantara ketiganya, kasar dan suara besar.

Kesimpulan:
total dari ketiganya, saya paling suka Arids, dengan penambahan biaya cuma sedikit dibanding Starck Mic dan Psyco, tetap lebih worth Arids.
Beneren product yang worth.
Ga sabar nunggu Leviathan.

Referensi:
www.elephant.ne.jp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar