Rabu, 14 November 2012

Hifiman HM601


Barusan saya mendapat pinjaman HM601, saya sudah pensiun dari beli2 DAP, jadi agak lambat baru dapet mencoba suaranya.
HM601 merupakan adik dari versi HM801 dan HM602, dengan harga yang sangat affordable terjangkau di sekitar 2 jutaan, kelasnya berbeda dengan ipod touch,cowon, samsung yepp , iriver, dll , maksudnya ini fokus di pasar audiophile yang pure music only.
Suara HM601 lebih transparency dibanding HM801, trus suara HM801 terkesan lebih megah (bukan megah hall, tapi suaranya terkesan kokoh), HM601 memiliki treble yang lebih spark/sparkle tetapi itu juga yang membuatnya tidak sealami hm801 , treble seolah2 menutupi mid untuk beberapa lagu , (jadi perspektif loe terhadap hal ini tergantung loe itu orangnya treble minded atau nga).
Soundstaging lebih terasa depthnya pada HM801 dibanding HM601. Vokal pada HM601 lebih bright dan pada HM801 lebih tebal sedikit, untuk hal separasi kedua duanya termasuk standard habis alias tidak ada yang special, tetapi jika keduanya dibanding, HM801 lebih unggul sedikit.
Bass pada HM801 lebih terasa, HM601 kualitas deep bassnya sangat bagus biarpun untuk quantity kurang, overall bass HM801 qualitynya lebih baik (biarpun untuk kategori deep bass HM601 tidak kalah), secara kuantitas HM801 juga lebih banyak.
Spectrum suara pada HM601 lebih bright dibanding HM801, tetapi HM801 jauh lebih detail, dengan pengetesan lagu lagu Michael Learns to Rock, waktu head to head , pada HM801 ada terdengar semacam suara Gema pada sisi kanan yang sempat membuat merinding saya detailnya.
Overall HM601 lebih cocok untuk orang yang kurang mengerti suara, sedangkan HM801 untuk orang audiophile yang sudah cukup mengerti pengertian SQ sebenarnya.
HM601 saja kelasnya sudah berada diatas level Cowon J3, Hisound Amp3, apalagi Ipod Touch.
Secara feature, sama sama memiliki Line-out, dan menggunakan Memory Card. HM801 bisa sebagai DAC stand alone. Internal storage HM601 adalah 8gb , sedangkan HM801 cuma 2gb (utk kebutuhan firmware upgrade plg).
UI Menu 100% sama persis (ada preset EQ, custom EQ, favourite).
EQ normal tidaklah flat atau Non-EQ dalam arti sesungguhnya, terbukti dengan setting custom EQ dengan semua dikasih 0 valuenya, suara berbeda banget dibanding Normal, sebenarnya beberapa DAP lain juga gitu, EQ normalnya tidak flat atau Non EQ alias mereka perusahaan DAP ada tweaking EQ agar suara lebih bagus ke standard telinga banyak orang, dulu ada orang yang pernah sempat nanya ke gue satu dap yang ga tau merk apa saya lupa (teclast atau apa?) , dia bingung perbedaan pilihan preset Flat, Normal, dan Off kalo ga salah, jadi normal dan flat  itu preset EQ nya hasil suaranya berbeda. Intinya banyak perusahaan DAP menstandarkan default suara dengan cara tweaking EQ. (yeahhh its free jadi ga heran)
Overall HM601 lebih worth for money, but jika ingin the best sound possible di DAP, ya HM801 lah.
HM601 ukurannya lebih kecil dan jauh lebih ringan, serta feature penting hi-gain dan low-gain yang tidak ada di HM801. Hi-gain umumnya membuat suara lebih bright, tetapi yang lucu pada HM601, bass quantity juga meningkat, bagi yang suka suara frekuensi diboost, tentu hi-gain menjadi pilihan disamping fungsi sebenarnya untuk men-drive hi impedance ohm or non sensitive head/earphone.
Untuk kualitas Line-out, saya belum membandingkan keduanya.

System for review:
- Earbuds Sunrise AS-Charm (good synergy dgn DAP Hifiman)
- album lagu MLTR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar