Rabu, 14 November 2012

Blox TM5 review


Blox adalah perusahaan Vietnam yang menciptakan high-end Earbuds dengan edisi terbatas, harganya berkisar satu jutaan atau kelas Yuin ok1,pk1, Crossroads Hr1. Saya kebetulan dihubungi oleh Distributornya lewat pm di Head-fi dan mendapat pengiriman duluan dibanding orang lain (tapi setelah berbulan-bulan baru buat review, sebelumnya sih uda buat impresi di forum audiophile indonesia dengan singkat) , didalam kotak blox tm5 terdapat kertas yang ditulis batch nomor 2 dari total 150 yang di produksi , yang berarti gue orang nomor 2 yang mencobanya, ga lama setelah itu gue liat out of stock, dan sekarang ada produksi lagi tapi jumlah terbatas jadi harus rajin rajin ke sitenya kalo mo beli karena sering out of stock. Design Blox TM5 sangat standard dan mirip banget dengan Yuin dan Sennheiser MX300/400/500, harusnya pembuat housing mereka berasal dari perusahaan OEM yang sama. Blox TM5 memiliki suara openbox yang biasa saja, tapi setelah mencoba lama baru kita sadari kalo suaranya sangat bagus, saya mendapat kesimpulan ini setelah saya sendiri mengalaminya plus dari kesimpulan 2 orang lainnya. Semakin lama dengar semakin terasa racunnya, suaranya juga ga umum seperti earbuds lain, faktor utama kelebihannya di telinga gue ada di 2 hal yaitu Bass (the best quality in earbuds category), danStaging yang Depth banget. Kalo di Yuin OK series itu, headstaging memang wide , tetapi soundstaging effect kurang, kalo di BLOX TM5, itu selain headstaging wide, juga soundstaging nya terasa banget, jadi frekuensi2 suaranya itu semacam ada layer2 gitu, kita bisa tahu kalo penyanyi A itu jaraknya brapa meter posisinya dari piano, gitar atau alat musik lain, mana yang didepan atau dibelakang.
Earbuds lain sih ga ada satu pun yang bisa memberi efek gitu, kalo bisa pun ga sampe level yang gue bisa rasain.
Bassnya bagus banget nih earbuds, quantitynya banyak disertai dengan quality bass yang bagus (susah loh buat earbuds dengan bass banyak tapi menjaga kualitasnya atau dibarengi kualitasnya) yang paling gue ga suka itu dibagian vocal rada laidback(gue pecinta vocal forward), ya itu masalah selera sih, kalo bass masih menang ini dibanding pk1, so mana lebih bagus antara pk1,ok1,hr1, cm700, dan blox tm5??? lagi2 jawabannya tergantung selera.....


2 komentar:

  1. Tum... gw nyesel telat nyebur di dunia erbud napa nga dari dulu, udh keburu babak belum sm iem muahal. :(
    Salam, pitsel

    BalasHapus