Minggu, 30 September 2012

Swiss Army , ori atau KW?

Victorinox adalah perusahaan yang  membuat seri Swiss Army menjadi terkenal seperti sekarang, kemudian sebuah perusahaan Hongkong yaitu DHC+ tanpa ijin meminjam/menggunakan nama Swiss Army yang sudah terkenal tersebut menjadi sebuah brand jam tangan baru, sehingga Swiss Army yang marak di Indonesia ini boleh dibilang bukan KW, juga bukan Original. Saya lebih suka menyebutnya tidak asli. Victorinox asli tidak ada yang harganya dibawah 2 juta, beberapa NOS (new old stock) bisa didapat 1 jutaan tapi ga pernah dibawah 1,5 juta.

1. Logo Asli Victorinox
Beberapa logo Swiss Army buatan DHC+ :
2. Bentuk perisai tetapi cembung sisinya dan atasnya ada yang terpotong.
3. bentuk jajaran genjang, yang paling sering di jumpai 
4. bentuk bendera, antara kartu dan kotak dan jam tangan bentuknya terlihat berbeda bentuk benderanya...

ada juga yang menggunakan logo swiss sejenis tetapi menggunakan nama Swiss Military, kalo swiss army itu di trademark, sedangkan swiss military itu tidak, sehingga bebas digunakan siapa saja.

5. buatan Hanowa, logo hanowa ada cembung di sudutnya, berbeda dengan logo Swatch yang kotak penuh.

6. buatan CX

7. buatan Wenger

8. buatan Chrono



Ada lagi yang menggunakan logo mirip tapi tanpa menggunakan nama Swiss Army ataupun Swiss Military

9. Royal Army, bentuk perisainya ada garis ditengah, terkadang seolah membelah 2.

10. Swatch, salah satu engkong di dunia jam tangan, dan pemegang sekitar 20 merek lain.
11. Chrono Master, coba lihat bagian atas perisai, terlihat ada 3D nya , ini logo lamanya, sekarang ChronoMaster menggunakan logo baru tanpa perisai.

12. Expedition, logo perisai dengan 2 warna merah-putih di dalam perisai


13. Swiss Timer

14. Swiss Legend


S.A.W adalah salah satu engkong pembuat jam tangan dengan nama merk dagang Swiss Army, pada tahun 1999, Victorinox membeli merk dagang Swiss Army dari tangan SAW agar konsumen tidak dibuat bingung/pusing dengan keberadaan nama Swiss army dari 2 perusahaan berbeda. 
15. SAW Swiss Army


16. old logo dari SAW


17. HoroSwiss, nama baru dari SAW


18. Logo lama SAW



update:
19. Another Swiss Army not ori buatan DHC+,
menggunakan logo yang hampir mirip dengan Wenger dan Hanowa, bedanya yang ini ga ada list bingkai putih seperti Wenger dan sudut nya ga terlalu bulat seperti Wenger, lebih mirip sudut yang terpotong , terus tanda + nya ga setebal punya Wenger


20. Swiss Military yang mirip logo Wengar tapi ga ada list bingkai putih


21. Swiss Army ST, unknown watches hasil google

22. Swiss Military yang logonya paling tidak mirip dengan yang atas-atas

23. logo lain Wenger

24. Swiss Mountaineer, logo mirip DHC+ jajaran genjang, tapi ke kiri


25. Nah , khusus ini adalah versi KW



10 komentar:

  1. terima kasih telah mencerahkan
    Saya ini sedang mencari info tentang arloji swiss army. Saya sebelumnya menganggap kalau swiss army itu merk jam asli, ternyata ada banyak versi

    BalasHapus
  2. yup bner banget, logikanya mana ada jam tangan merek trkenal harganya cuma ratusan ribu rupiah. tp meski tdk asli tpi cukup brkualitas koq. saya punya satu swiss army buatan hongkong

    BalasHapus
  3. Wahh terima kasih banyak gan, tapi bikin sedih, padahal saya belinya di yogya, awalnya agak sangsi sih, kenapa murah banget, kirain karna lagi diskon akhir tahun bisa murah teuing, trus karna belinya di yogya kirain bakal asli. harusnya banyak2 cari tau dulu ya gan, saya baca dikaskus tuh awalnya katanya ori gan, eh ternyata, kurang dalem ngebacanya, yah sudahlah, kalo tau begitu saya beli yang merk bandung aja gan biar memajukan pereknonomian daerah, #lebay hahaha

    BalasHapus
  4. sama euy..beli di yogya juga kmrn..kirain swiss army buatan victorinox....ternyata bukan..

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Saya habis beli swiss army dhc+ sa2178mb. Model bagus triple watch plus chrono, harga 1,3 juta dapet box sama kartu garansi distributor. Swiss army ini berlogo jargen/jajar genjang. Sebelum saya memutuskan beli jam ini saya sudah survei tentang swiss army. Memang yang asli dari swiss merk voctorinox, wenger, dll. Tapi yang dari dhc itu made in cina. Setelah saya survei memgenai teman2 saya yang menggunakan dhc ternyata kualitas cukup baik walau klo kena hujan jadinya ngembun, tahan air, jatuh kesana kesini tetep aja bandel. Cuma ya kalo dari segi gengsi kurang dan service centrentidak jelas. So buat yang pengen fashionable low budget, mungkin dhc bisa jadi pilihan cuma menurut saya klo ada duit sejutaan mending casio aja hehehe. Saya memilih dhc karena modelnya yang keren abis. Makasih

    BalasHapus
  7. Kalau swiss navy itu ori tidak ya ? Buatan mana ?

    BalasHapus
  8. swiss army dhc+ berarti masuknya original ya walaupun buatan china?

    Saya liat di hargajamtangan.net harga swiss army dhc lebih murah dari yg original

    BalasHapus